5.28.2008

Pascal yang Membingungkan

Ketika saya menjumpai bab baru dalam materi bahasa pemrograman Pascal, saya merasa bingung. Kebingunganku ada dua macam :
Bingung karena tidak punya modul dengan bab terkait.
Bingung dengan materinya yang menurut saya susah.
Untung saja, kebingunganku itu untuk saat ini bisa berkurang satu ketika seorang teman meminjamiku sebuah buku modul yang menurutku cukup untuk mengurangi kebingunganku yang kedua. Namun demikian tetap saja saya merasa bingung, bingung karena kesusahan! Bagaimana tidak, bab Linked List mencakup beberapa subbab yang susunan programnya bisa berputar-putar. Karena ketika kita membuat program linked list di dalamnya biasanya terdapat record, pointer, modular, dan bisa juga array.
Tapi saya yakin ketika ada jalan masuk pasti ada jalan keluar. Nah, meskipun saya sebagai seorang mahasiswa saya belum begitu mudeng-mudeng amat, tapi khusus untuk teman-teman seangkatan silakan pahami baik-baik tulisan saya di bawah ini.

Variable dinamis yang betipe record yang bertipe record biasanya ditunjuk oleh sebuah pointer, dimana record ini mempunyai komponen (field) yang bertipe pointer. Record yang semacam ini disebut simpul (node).
Sebagai contoh :

Type DMhssw = ^Mhssw;
Mhssw = Record
Nama : string[30];
Nim : string[20];
Link : DMhssw;
End;
Var
P : DMhssw;


Variable pointer Link berfungsi sebagai penghubung/pengait dengan node berikutnya. Dari node-node itulah akan terbentuk suatu untaian yang disebut sebagai daftar berantai (Linked List). Cirri daftar berantai adalah terdapat pointer yang berfungsi sebgai pointer kepala (Head) dari Linked List. Dan pada akhir linked list terdapat pointer yang menunjuk node yang lain yang disebut Nil. Contoh D adalah pointer kepala yang menunjuk awal linked list :

‘Agni’ 118
‘Anna’ 115
‘Fedi’ 113D head nil


Linked List yang saya tahu ada dua macam :
FIFO (First in First Out), artinya data yang diinput lebih dulu akan keluar sesuai dengan urutan data pada saat input dilakukan.
LIFO (Last in First Out), kebalikan dari FIFO yaitu data yang diinput lebih dulu akan keluar pada akhir daftar output sesuai dengan urutan inputnya.

Langkah-langkah pembuatan linked list jika digambarkan adalah sebagai berikut :

Untuk LIFO :

Pointer_kepala
Pointer_baru




‘Fedi’ 113Pointer_baru pointer_kepala
‘Fedi’ 113
‘Fedi’ 113



Ponter_kepala

Pointer_baru



Untuk FIFO :

Pointer_kepala
Pointer_baru




‘Fedi’ 113Pointer_kepala pointer_baru
‘Fedi’ 113
‘Fedi’ 113



Ponter_baru

Pointer_kepala



Nur Alfi Ekowati
[28-05-2008]

0 komentar:

Posting Komentar