5.22.2008

English, penting nggak sih?

If you want to master the world, you have to master English. Mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan betapa pentingnya bahasa Inggris dalam kehidupan kita. Lebih-lebih jika kita sadar bahwa kita sekarang hidup di zaman yang semakin modern. Dunia semakin mengglobal seolah-olah batas antar negara di dunia ini sudah tidak ada lagi. Kini yang ada hanyalah tuntutan kepada kita untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan dunia yang semakin berkembang. Jika kita tidak menyelaraskan diri dengan perkembangan dunia, kita akan tertinggal dari arus peadaban. Pada akhirnya kita sendiri yang akan merasa rugi. Dalam hal ini, penting sekali untuk kita membekali diri dengan berbagai persiapan. Salah satunya adalah dengan language (bahasa). Bagaimana pun juga bahasa memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dan seperti yang kita tahu bahwa bahasa yang paling lazim digunakan untuk komunikasi internasional adalah bahasa Inggris.

Sebenarnya seberapa penting sih belajar bahasa Inggris bagi kita yang notabene-nya adalah orang Indonesia? Menurut saya penting sekali. Selain seperti yang saya jabarkan tadi, bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan dalam banyak job yang membutuhkan kualifikasi yang bagus. Tidak perlu dijelaskan job apa saja yang dimaksud, yang terpenting bagaimana cara kita membekali diri supaya bisa berbahasa Inggris dengan mahir atau paling tidak seharusnya kita bisa sedikit berbicara dalam bahasa Inggris. Karena sepengetahuan saya, dalam konteks bahasa Inggris yang paling ditekankan dalam komunikasi adalah speaking (berbicara). Namun sebagian besar dari kita selalu saja ada pertanyaan mendasar yang muncul, kenapa bertahun-tahun kita belajar bahasa Inggris di bangku sekolah hasilnya ya gitu-gitu aja?! Sebenarnya mudah saja untuk menjawab pertanyaan ini, semua itu tergantung dari kemauan kita untuk belajar. Hanya saja mungkin ada yang berpikir bahwa teori selalu lebih mudah daripada prakteknya. Saya juga merasa demikian.

Saya harus bersyukur karena nilai formal bahasa Inggris saya di bangku sekolah sering masuk dalam kategori aman. Tapi dari nilai formal yang aman itu, saya justru sering merasa tidak puas dengan diri saya sendiri. Saya malah merasa kemampuan berbahasa saya yang sebenarnya tidak ada apa-apanya dibanding si A, si B, atau si C. Namun jika saya selalu terpaku dengan masalah perbandingan mungkin saya hanya akan menjadi seseorang yang “tidak ada apa-apanya”. Saya juga merasa kemampuan speaking saya sangat-sangat jauh dari lancar. Namun dalam proses belajar saya, saya menemukan 5 langkah agar kita bisa cukup percaya diri saat melakukan public speaking dengan bahasa Inggris :
  1. Adanya motivasi dari diri sendiri adalah kunci paling utama dalam belajar bahasa Inggris.

  2. Dalam belajar speaking, kita perlu memperbanyak perbendaharaan vocabulary (kosakata). Caranya banyak, diantaranya sesering mungkin kita berusaha mencari kosakata dalam artikel-artikel bahasa Inggris. Nonton film atau mendengarkan musik juga bisa sebagai cara jitu untuk hal ini.

  3. Kita perlu untuk belajar mengeja kata per kata yang kita temukan. Pastikan kata yang kita ucapkan ejaannya sudah benar. Jika kita ragu dengan pengucapan kata, sebaiknya kita membuka pengucapan yang benar di kamus.

  4. Gunakan kata-kata itu untuk menyusun kalimat-kalimat bahasa Inggris sekreatif mungkin, tentunya diusahakan sesuai dengan grammar yang benar. Latihlah lidah kita untuk terbiasa mengucap kalimat-kalimat yang telah tersusun.

  5. Cobalah gunakan kalimat-kalimat tersebut sewaktu-waktu kita berbicara dengan orang lain.

Silakan mencoba, semoga bermanfaat. :)


Nur Alfi Ekowati
[22-05-2008]

0 komentar:

Posting Komentar