9.09.2013

Tipe Data

Dalam bahasa pemrograman, tipe data sangat penting sekali peranannya. Ada beberapa jenis tipe data yang umum digunakan. Berikut ini beberapa diantaranya:
Tipe DataDeskripsi (range variabel)
Byteangka dari 0 sampai 255
Integerangka dari -32768 to 32767
Realsemua nilai pecahan dari 1E-38 to 1E+38
Booleannilai TRUE atau FALSE
Charsemua karakter dari tabel ASCII
Stringsemua huruf, spasi, frasa
Karena integer adalah salah satu tipe data yang lebih sering dipakai, maka berikut ini penjelasan tentang integer secara khusus:

Nilai sebuah data dari sebuah tipe data integer adalah nilai bilangan bulat seperti dalam matematika. Representasi data ini merupakan cara bagaimana nilainya disimpan di dalam memori komputer. Tipe data integer terbagi menjadi dua buah kategori, baik itu bertanda (signed) ataupun tidak bertanda (unsigned). Bilangan bulat bertanda mampu merepresentasikan nilai bilangan bulat negatif, sementara bilangan bulat tak bertanda hanya mampu merepresentasikan bilangan bulat positif.

Representasi integer positif di dalam komputer sebenarnya adalah untaian bit, dengan menggunakan sistem bilangan biner. Urutan dari bit-bit tersebut pun bervariasi, bisa berupa Little Endian ataupun Big Endian. Selain ukuran, lebar atau ketelitian (presisi) bilangan bulat juga bervariasi, tergantung jumlah bit yang direpresentasikannya. Bilangan bulat yang memiliki n bit dapat mengodekan 2n. Jika tipe data integer tersebut adalah bilangan bulat tak bertanda, maka jangkauannya adalah dari 0 hingga 2n-1.

Dalam Bahasa C
Tipe data integer standar yang digunakan dalam bahasa C adalah tipe data int. Ukuran dan jangkauan data dari tipe data int seringkali tergantung dari kompilator dan komputer yang digunakan, tapi biasanya setara dengan short int atau long int.
Selain int, ada beberapa tipe data lain yang dapat menampung bilangan bulat, di antaranya:
1. Char. Sebenarnya tipe data ini digunakan untuk menyimpan karakter dalam kode ASCII, tapi dapat juga digunakan untuk menyimpan integer dari 0 sampai 255
2. Short int, ukuran 2 byte, jangkauan -32,768 sampai 32,767
3. int, ukuran 4 byte, jangkauan -2,147,483,648 hingga 2,147,483,647

Tipe-tipe data di atas dapat menyimpan integer negatif dan positif. Untuk menyimpan bilangan positif dan nol saja, dapat digunakan kata kunci unsigned sebelum tipe data. Sebagai contoh:
- unsigned short int, ukuran 2 byte, jangkauan 0 sampai 65,535
- unsigned int, ukuran 4 byte, jangkauan 0 sampai 4,294,967,295



Nur Alfi Ekowati
[10-09-2013]

2 komentar:

  1. Sudah lama ga liat yang beginian...
    wakakakaka

    mb.Alfi Shark Dash Free'ny kok ga bisa di instal di andro q ya..
    ga support katany...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dan...
      Device android punyamu merk dan modelnya apa? Ada notifikasi yang muncul pas nginstal ga?

      Hapus