8.27.2013

Belajar Bahasa Indonesia dan Learning English



Sebagai warga Indonesia yang baik seyogyanya kita mencintai bangsa kita. Indonesia adalah sebuah negara yang kaya raya. Kaya akan sumber daya, adat-istiadat, suku, budaya, bahkan kaya akan bahasa. Masing-masing wilayah memiliki bahasa sendiri, tentunya bahasa yang dimaksud adalah bahasa daerah atau adat. Seperti yang kita tahu bahwa satu-satunya bahasa pemersatu dari bahasa-bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia.

Belajar bahasa Indonesia sangat penting bagi kita, secara kita adalah orang Indonesia. Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa belajar bahasa Indonesia sudah tidak diperlukan lagi mengingat sekarang jika kita tidak belajar pun otomatis kita sudah bisa. Kan sehari-harinya juga berbicara memakai bahasa Indonesia! Eit, tunggu dulu...!

Apakah bahasa yang kita pakai sudah sesuai dengan EYD? Ehm...mungkin belum, kan berbicara ga perlu pakai bahasa yang baku! Kata sapa...! Kalau misal ketemu pak presiden gimana? Nah lo...perlu pakai bahasa yang baku kan? Bahasa baku sangat diperlukan di acara-acara formal. Nah, itulah perlunya belajar tata bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Meskipun dalam kehidupan sehari-hari tak ada satu pun aturan bagi kita untuk memakai bahasa Indonesia yang baku, tetapi bagaimanapun juga jika kita telaah lebih jauh pasti kita akan berpikir bahwa belajar bahasa Indoesia adalah sebuah kewajiban. Apalagi kita adalah orang Indonesia yang mengaku cinta Indonesia.

Sedangkan belajar bahasa Inggris juga penting, mau tau seberapa penting? Lihat saja di posting tulisanku di bulan Mei yang judulnya "English, penting gak sih?"



Nur Alfi Ekowati
[17-06-2008]

0 komentar:

Posting Komentar