10.05.2012

Tabligh Akbar Ustadz Yusuf Mansyur

Jogja memang memiliki banyak event menarik. Nah, sama halnya dengan beberapa minggu lalu, sebuah tabligh akbar diadakan oleh UIN Sunan Kalijaga. Bertempat di masjid UIN Suka, acara tersebut dibawakan oleh seorang ustadz yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, Ustadz Yusuf Mansyur. Pembawaan beliau yang kalem dan berbahasa sederhana dalam berceramah menjadi magnet tersendiri. Tak khayal, tiap kali beliau berceramah di sebuah kajian peserta yang datang pun banyak. Begitu juga yang terjadi di tabligh akbar itu. Dengan bertajuk "Doa Bersama Ustadz Yusuf Mansyur" acara itu sukses menyedot ratusan orang untuk datang mendengarkan beliau berdakwah. Bahasanya yang lugas memaparkan deskripsi soal sedekah. Materi sedekah adalah materi dakwah yang seringkali beliau bawakan. Menarik sekali.

Aku sendiri duduk di ujung ruangan, ini karna saking berjubelnya. Dengan agak kurang nyaman aku duduk di blok sekitar para akhwat (perempuan). Aku datang terlambat kala itu, makanya tidak heran aku dapat tempat di sebelah luar pintu masuk masjid. Tapi itu sama sekali tidak membuatku malas untuk mendengarkan apa yang ustadz sampaikan. Aku masih bisa melihat ustadz dari kejauhan. Aku sangat senang dengan tema yang beliau bawakan, maka kudengarkan dan aku perhatikan baik-baik.

"Tidak perlu kalian berdiri ketika saya lewat." Dengan sedikit himbauan itu ustadz berjalan pelan-pelan di daerah para ikhwan (laki-laki), bermaksud supaya kondisi tetap tertib walaupun ustadz berupaya untuk menjangkau hadirin secara lebih dekat. Wah, sontak saja ini membuat orang-orang terkagum-kagum karna melihat beliau dengan dekat. Tidak heran, semakin banyak kamera  yang dikeluarkan untuk mengabadikan beliau dari berbagai arah. Ustadz berjalan hingga ujung belakang barisan, kemudian balik ke arah depan menuju panggung lagi. Sayang sekali aku gagal untuk mendapatkan gambar beliau.

"Ketika mengaji, tidak perlu kita berdesak-desakan berebut tempat. Jika memang hanya bisa dapat tempat di belakang tidak apa-apa. Yang penting ketika mengaji perhatikan benar si ustadz, sambil baca shalawat, maka insyaAllah Anda bisa menyerap ilmu-ilmunya dengan cepat." Kurang lebihnya begitu yang ingin beliau sampaikan.

"Bagi para anak muda yang ingin cita-citanya tercapai maka banyak-banyaklah berdoa dan rajin sedekah. InsyaAllah Allah akan menyegerakan tercapainya cita-cita itu." Subhanallah, kata-kata ini menancap sekali di hati ini. Semoga Allah senantisa bersama orang-orang yang rajin berdoa. Amiin.



Nur Alfi Ekowati
[Sabtu, 06-10-2012]

2 komentar: